Monday, February 15, 2010

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang


Sekolah Tinggi Ilmu komunikasi (STIKOM) Semarang, adalah perguruan tinggi penyelenggara program studi ilmu komunikasi pertama di Jawa Tengah, dengan akreditasi "B" sesuai SK BAN-PT No. 011/BAN-PT/Ak-X/VI/2008. Dalam perjalanan sejak bernama Akademi Publisitik Pangeran Diponegoro (APPD), kemudian meningkatkan jenjang ke program S1 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIK) Semarang, hingga  sekarang bernama STIKOM Semarang, mengalami pergulatan dengan berbagai perubahan tentang aturan perguruan tinggi serta perubahan kiblat pilihan bidang studi calon mahasiswa. Kenyataan bahwa hingga saat ini masih tetap eksis dan konsisten dalam menyelenggarakan program studi komunikasi, membuktikan bahwa STIKOM merupakan perguruan tinggi handal karena ditunjang pola manajemen perguruan tinggi yang tanggap pada perubahan jaman.

       STIKOM Semarang telah melaksanakan 30 kali wisuda, dengan jumlah lulusan sebanyak 1352 orang. Alumni STIKOM tersebar di berbagai bidang kerja, seperti perusahaan media massa, baik cetak maupun penyiaran, advertising, dan kehumasan, baik dalam lingkup institusi pemerintah maupun swasta. Beberapa diantaranya telah menempati posisi-posisi strategis di wilayah tugas masing-masing. Keberhasilan para alumni dalam berkarya di bidangnya baik secara mandiri ataupun dalam sebuah institusi, sesuai dengan visi, misi dan tujuan STIKOM yaitu :

Visi Stikom semarang
Menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, berjiwa pancasila dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang komunikasi.
Misi Stikom semarang
1.      STIKOM Semarang sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang ilmu komunikasi.
2.      Menjadi perguruan tinggi berbasis penelitian; memberdayakan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat.
 Tujuan Stikom semarang
1.      Mendidik mahasiswa mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni (IPTEKS) di bidang ilmu komunikasi dalam kerangka pelaksanaan tri darma perguruan tinggi.
2.      Menjadikan STIKOM Semarang sebagai pusat pengembangan ilmu dan teknologi di bidang komunikasi serta pusat kegiatan penelitian.
3.      Mengembangkan tatanan kehidupan kampus sebagai masyarakat ilmiah yang berbudaya, bermoral dan berkepribadian pancasila.
Untuk menunjang visi, misi dan tujuan diatas;
  1. Disamping dosen tetap STIKOM  (sebagian besar berjejang S2, 1 orang jenjang S3, dan 3 (tiga) orang sedang dalam pendidikan jenjang S3), pengampu STIKOM juga berasal dari dosen tamu berasal dari kalangan akademisi dan para praktisi di bidangnya. Hal ini untuk menyeimbangkan antara teori dan praktek yang diperoleh mahasiswa.
  2. Gedung terpadu antara tempat kuliah dan laboratorium (cetak, radio, televisi, fotografi), dengan lokasi yang strategis.
Untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang STIKOM semarang silahkan mengunjungi link-link berikut:

Website STIKOM 
 RADIO STIKOM

     

0 comments:

Post a Comment